Sekilas Info

“Sapoong” Mutiara Tersembunyi di Pulau Kangean

Sumenep, RuangJurnalis.com – Jika mendengar nama Kangean atau Sapoong, mungkin banyak orang yang tidak mengenal atau mengetahui. Namun, jika disebutkan Sumenep, masyarakat tanah air sudah familiar atau bahkan sudah dapat menyebutkan Sumenep dengan mengkait-kaitkan dengan Madura, salah satu pulau yang masuk dalam administrasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Sapoong, merupakan salah satu teluk di Pulau Kangean yang merupakan bagian dari gugusan kepulauan di wilayah tanah 'Karapan Sapi'. Bisa dibilang Sapoong merupakan Mutiara tersembunyi, yang belum dieksplorasi secara maksimal khususnya untuk pariwisata di tanah air.

Guna memperkenalkan Sapoong kepada khalayak ramai, Pihak masyarakat yang dipimpin oleh Kepala Desa, bahu membahu menggelar hajatan dengan mengsung tema Festival Sapoong. Beragam kegiatan menarik dengan mengikut sertakan berbagai elemen masyarakat digelar guna memeriahkan festival yang diketahui baru pertama kalinya digelar.

Dalam sebuah kesempatan, Kepala Desa Pajanangger Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Suhrawi mengatakan Sapoong menjadi harapan baru masyarakat Pajanangger, di tengah kondisi penyalahgunaan minuman oplosan serta pencurian hewan. Bahu membahu berbagai elemen masyarakat, hingga Karang taruna dilibatkan untuk membangun dan menggelar Festival Teluk Sapoong.

“Selama ini, banyak warga mencari nafkah di Malaysia. Saya mau masyarakat Pulau Kangean ini bisa mandiri dengan mengelola aset termasuk teluk ini,” harapnya.

Hingga berita ini diturunkan, Festival Teluk Sapoong belum terdengar kembali. Namun diketahui dari berbagai sumber yang ada, indahnya Teluk Sapoong terus dipoles, walaupun dengan pendanaan seadanya.

Harapan masih terus digantungkan. Niat baik harus terus diperjuangankan. Tinggal serahkan untuk penyelesaiannya kepada Yang Maha Kuasa.

Penulis:

Baca Juga