Sekilas Info

Covid-19 Memakan Korban Mantan Menpora RI

Mantan Menpora Abdul Gafur semasa hidup. (Istimewa)

Jakarta, RuangJurnalis.com - Covid-19 kembali memakan korban di tanah air. Kali ini mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Abdul Gapur kembali ke haribaan akibat Covid-19, yang menyerangnya.

Dari informasi yang dihimpun oleh redaksi RuangJurnalis.com, Menpora era Presiden Soeharto, meninggal dunia pada Jumat, (4/9/2020), sekitar pukul 06.35 WIB. Abdul Gafur diketahui mengidap Covid-19 karena sebelum meninggal, sempat menjalani perawatan intensif di ruang ICU RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Rencananya, Abdul Gafur akan langsung dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Hal itu dibenarkan oleh kerabat almarhum Abdul Gafur, Zaini Abdilah.

Zaini Abdilah mengatakan, keluarga akan memakamkan Almarhum di Taman Makam Pahlawan Kalibata. “Semoga bisa di TMP,” dikutip dari laman Okezone.

Sebelumnya, kabar meninggalnya Abdul Gafur dibagikan oleh Wantimpres Agung Laksono.

Di mana, menurut keterangan dokter mendiang Abdul Gafur meninggal karena positif Covid-19 dengan penyakit pendamping lainnya seperti Hipercoagulasi, Anemia, AKI dd onCKD dan diabetes tipe 2

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshidiqie juga mengabarkan hal yang sama lewat akun Twitter-nya.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiuun. jam 06.35 pagi tadi, Bapak Dr. Abdul Gafur, mantan Menpora, meninggal dunia. Kita doakan husnulkhotimah. Alfatihah utk almarhum,"cuit Jimly.

Politikus Partai Golkar Fadel Muhammad membenarkan kabar duka tersebut. "Ya betul tadi pagi," katanya.

Wakil ketua MPR ini menuturkan, pemakaman Gafur akan dilakukan usai salat Jumat. "Siang ini pemakaman," ujar Fadel.

Mantan Menpora periode 1978-1988 ini dikabarkan sudah dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta sejak akhir Agustus lalu.

Sekadar informasi, Abdul Gafur Tengku Idris merupakan seorang dokter tentara. Ia pun berhasil mendapatkan pangkat sampai marsekal muda atau jenderal bintang dua.

Abdul Gafur merupakan pria kelahiran 20 Juni 1939 di daerah Patani, Halmahera Tengah, Maluku Utara. Selain pernah menjadi Menpora, pernah mencicipi jabatan sebagai anggota DPR dari Fraksi ABRI dan Fraksi Golkar. Ia juga pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA) pada 1988-1997.

Penulis: Redaksi

Baca Juga