Sekilas Info

Raup Pendanaan Seri A Rp101 Milyar, Startup NextBillion.ai Targetkan Ekspansi ke Indonesia

Jakarta, RuangJurnalis.com - Nextbillion.ai, startup yang menawarkan teknologi hiperlokal berbasis kecerdasan buatan (AI), telah menutup pendanaan Seri A dengan total investasi senilai Rp101 miliar ($7 juta). Putaran pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan modal ventura dari Amerika Serikat, yaitu Lightspeed Venture Partners dan Falcon Edge Capital.

Sebagai langkah selanjutnya, Nextbillion.ai berencana melakukan ekspansi bisnis ke pasar-pasar potensial seperti Indonesia. Startup yang berbasis di Singapura ini telah merekrut seorang Country Manager dan sedang bermitra dengan perusahaan-perusahaan logistik dan transportasi lokal untuk memperluas cakupan mereka di Indonesia. Sebelumnya, Nextbillion.ai juga telah mencatatkan pertumbuhan pesat di beberapa negara lain di Asia.

Indonesia adalah pasar yang sangat menjanjikan. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dimana setiap daerah mempunyai budaya, tradisi, serta infrastruktur yang berbeda, dan teknologi kami memiliki kapabilitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Solusi yang kami tawarkan telah disesuaikan dengan keunikan geografi dan budaya hiperlokal dengan sangat baik, karena kami menyadari bahwa satu versi peta saja tidak akan bisa memenuhi seluruh Indonesia," kata Ajay Bulusu, Co-founder NextBillion.ai, menjelaskan tentang rencana investasi baru, dalam siaran persnya.

NextBillion.ai berencana untuk membangun infrastruktur digital berbasis AI untuk memperkuat layanan logistik, transportasi, dan rantai pasok di seluruh ekosistem. Perusahaan ini mengembangkan teknologi pemetaan, moderasi konten, fitur pengenalan wajah, sistem keamanan siber, dan natural language processing untuk bahasa Indonesia. Infrastruktur teknologi yang lengkap seperti ini akan berperan penting dalam mewujudkan Smart City Master Plan Indonesia 1, yang diperkuat teknologi AI berbasis lokasi geografi dari Nextbillion.ai.

Biasanya, pasar negara berkembang seringkali diabaikan oleh sebagian besar perusahaan, karena pasar ini jauh lebih kompleks. Mereka memiliki beragam bahasa, budaya, sentuhan hiperlokal, dan kota-kota yang padat penduduk.

"Dengan produk pertama kami, nextbillionmaps, kami membangun platform AI yang intuitif dan cerdas dengan menggunakan data open-source yang dikombinasikan dengan data klien eksklusif, untuk menawarkan solusi yang efektif, efisien, dan terjangkau bagi keperluan logistik, transportasi, jasa pengiriman, dan solusi e-commerce," imbuh Gaurav Bubna, Co-Founder NextBillion.ai.

"Kami berencana untuk memperluas lini bisnis dengan memberikan solusi AI kelas dunia kepada para pelanggan kami," tambahnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga